Baru Beli Smartphone? Maka Kamu WAJIB Melakukan 10 Hal Ini

00.21

Setelah menabung berbulan-bulan, akhirnya kesampean juga beli smartphone baru. Apalagi jika smartphone itu adalah tipe terbaru yang sedang ramai diperbincangkan. Wajar jika kamu jadi pengen buru-buru membongkar dan menggunakannya.
Tapi sebelum meng-install banyak aplikasi dan menggunakannya untuk bermain game, agar semakin optimal kamu harus memperhatikan beberapa hal. Dengan hal-hal ini, dijamin menggunakan smartphone baru kamu pun jadi semakin nyaman dan seru.

Hal yang Harus Dilakukan Pada Smartphone Baru

Sebelum kamu pamer smartphone baru di Path atau akun media sosial kamu lainnya, baiknya persiapkan smartphone kamu sebaik mungkin. Nah, ini dia 10 langkah yang harus kamu lakukan saat memiliki smartphone baru.

1. Cek Kondisi dan Kelengkapan

Saat membeli smartphone, pastikan barang yang kamu beli memiliki garansi. Baik garansi resmi ataupun garansi distributor, setidaknya ada jaminan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada smartphone barumu. Hal ini berlaku saat kamu membeli di toko offline ataupun online.

Saat membeli smartphone di toko offline, pastikan semuanya lengkap dan dalam kondisi sempurna secara langsung. Tapi saat membeli di toko online, pastikan untuk membuat dokumentasi unboxing kamu agar ada bukti kuat jika sewaktu-waktu barang yang kamu terima ternyata palsu atau ada yang tidak jalan. Cek apakah chargernya bisa digunakan untuk mengisi ulang, apakah earphonenya jalan, layar, kemampuan membaca kartu SIM, dan lain-lain.

2. Buat Akun Cadangan


Akun cadangan di smartphone berfungsi untuk memuat semua data yang kamu simpan di smartphone kamu, meliputi kontak, catatan, log panggilan, pesan, bahkan kalender. Hal ini akan sangat berguna jika kemudian hari kamu mengganti smartphone baru, jadi gak perlu ribet-ribet pindahin data satu persatu lagi. Di smartphone Android kamu bisa dengan mudah menggunakan akun Gmail sebagai akun cadangan, dan di iPhone kamu bisa menggunakan iCloud. Pastikan akun cadangan kamu aktif untuk mencadangkan data kontak, catatan, kalender, dan hal lain yang kamu anggap penting.

3. Matikan Shortcut Aplikasi Baru


Akun Gmail yang digunakan untuk mencadangkan data di Android kamu secara otomatis bisa digunakan untuk membuka akses download aplikasi di Google Play Store. Nah, sebelum kamu mulai meng-install beragam aplikasi terbaik di Android kamu, pastikan untuk mematikan shortcut aplikasi baru ke Home screen jika tidak ingin tampilan Home screen kamu berantakan. Caranya adalah dengan masuk ke Google Play Store - Settings, lalu hilangkan tanda ceklis di Add icon to Home screen.

4. Update Aplikasi Bawaan


Pada sebuah smartphone, vendor biasanya sudah membekalkan aplikasi bawaan. Nah, agar kinerja smartphone kamu semakin maksimal, langsung lakukan update aplikasi-aplikasi bawaan yang ada di smartphone kamu. Setelah aplikasi bawaan diperbarui, kamu baru boleh mulai install aplikasi-aplikasi baru untuk memenuhi Android milikmu.

5. Kurangi Brightness

Sudah bukan rahasia bahwa semakin tinggi tingkat kecerahan smartphone kamu, akan berakibat ke semakin cepat pula baterai smartphone kamu habis. Untuk menghindari cepat rusaknya baterai karena keseringan di-charge akibat kehabisan baterai, begitu membeli smartphone baru pastikan untuk mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone kamu.

Untuk mengurangi tingkat kecerahan layar smartphone, kamu bisa masuk ke menu Settings - Display. Atau lewat Brightness Toggle yang ada di Quick Settings. Biasakan untuk menghindari Auto Brightness jika ingin baterai smartphone kamu awet.

6. Gunakan Wallpaper Hitam


Apakah smartphone yang kamu miliki menggunakan layar jenis AMOLED? Beberapa smartphone keluaran Samsung menggunakan teknologi layar AMOLED yang terkenal tajam dan hemat konsumsi baterai. Jika ternyata smartphone yang baru kamu beli menggunakan layar AMOLED, kamu bisa menggunakan wallpaper warna hitam untuk membuat konsumsi daya baterainya semakin hemat.

7. Aktifkan Do Not Disturb

Namanya juga smartphone baru, paham deh kalo pengen terus dimainin. Tapi jangan sampe waktu istirahat kamu terganggu oleh notifikasi-notifikasi yang masuk ke smartphone kamu deh. Untungnya sekarang hampir semua smartphone memiliki fitur Do Not Disturb. Fitur ini akan meredam semua notifikasi yang masuk pada jam-jam kamu istirahat, sehingga kamu bisa tidur dengan tenang.

Di Android, kamu bisa mengaktifkan fitur Do Not Disturb lewat menu Settings - Sounds and Notification, lalu cari yang sekiranya berhubungan. Dalam beberapa smartphone, seperti Xiaomi, fitur Do Not Disturb dibuat segmen terpisah agar memudahkan penggunaannya.

8. Atur Kunci

Mumpung masih kosong belum berisi foto atau video apa-apa, sebaiknya segera atur kunci smartphone kamu. Tujuannya jelas agar kamu bisa menggunakannya dengan aman saat nanti mulai banyak dokumen pribadi di dalamnya. Kamu bisa menggunakan kunci layar berupa password, PIN, kunci pola, atau bahkan sidik jari jika ada.

Jika tidak puas dengan fitur pengunci kayar bawaan smartphone, kamu bisa gunakan aplikasi lock screen yang pernah NgasalBlog bagikan. Beberapa aplikasi lock screen terbaik rekomendasi JalanTikus adalah Cashtree atau DroidLock.

9. Aktifkan Android Device Manager

Baru juga beli smartphone baru, gak asyik kan kalo terus hilang? Untuk berjaga-jaga jika hal tidak diinginkan itu terjadi, jangan lupa download dan aktifkan fitur Android Device Manager. Fitur ini berguna untuk melacak lokasi smartphone kamu jika sewaktu-waktu hilang atau lupa menyimpannya.

Dengan Android Device Manager, kamu bisa memaksa Android kamu berbunyi jika lupa menyimpannya, sehingga mudah ditemukan. Syaratnya pastikan sudah aktif. Untuk menemukan smartphone kamu yang hilang, buka www.android.com/devicemanager.

10. Login Media Sosial

Punya smartphone baru masa gak dipamerin ke teman-teman sih? Yakin gak suka pamer? Nah biar berasa banget nuansa smartphone barunya, kamu wajib tuh share foto-foto atau video smartphone baru ke media sosial seperti Facebook, Path atau Instagram. Jika perlu, jadikan DP BBM deh biar orang gak bosen lihat foto selfie kamu terus.
Setelah 10 langkah tadi dilakukan, sekarang kamu siap menjajal dan berpetualang dengan smartphone baru kamu!


Sumber : Jalantikus.com

Terimakasih telah berkunjung di Blog saya, semoga anda menemukan apa yang anda cari dan merasa lebih baik setelah membaca artikel pada blog ini dan silahkan pembaca bertanya atau memberi saran. Salam Ngasal Blog®.

Artikel Terkait

Previous
« Prev Post

Silahkan Berkomentar Sesuai Artikel EmoticonEmoticon