Keajaiban Bintang dan Penjelasannya di Alquran

00.07
Ngasal Blog - Bintang adalah salah satu benda langit yang paling mudah dikenali. Pasalnya, bintang memiliki pancaran cahaya yang sangat indah. Keajaiban bintang sudah diterangkan dalam Alquran.

Tahukah Anda? Bintang yang terlihat kecil dari Bumi, sebenarnya adalah sebuah benda yang berukuran sangat masif. Cahaya bintang yang terlihat dari Bumi, sebenarnya berjarak sangat jauh. Hal itu diterangkan dalam sebuah ayat yang berbunyi. 

"(Yaitu) bintang yang cahayanya menembus,” sebut Surah At-Tariq Ayat 3. 



Dalam buku 'Sains berbasis Alquran' karangan Ridwan Abdullah Sani dijelaskan, cahaya bintang muncul akibat pancaran sinar gamma yang dihasilkan oleh reaksi inti fusi pada bintang. Ketika radiasi tersebut menembus bagian luar bintang, sebagian energinya berkurang sehingga gelombangnya berubah dan menjadi cahaya tampak. 

Miliaran bintang yang bertebaran di langit, hanya akan terlihat jelas ketika malam hari. Fenomena bintang yang muncul dan meredup, dijelaskan dalam surah At-Takwir Ayat 15 hingga 16. 

"Sungguh, aku bersumpah demi bintang-bintang yang timbul tenggelam, yang beredar, yang terbenam," bunyi Surah At-Takwir Ayat 15 hingga 16. 

Kata 'terbenam' sendiri menjelaskan bahwa bintang . Kondisi ini dapat terjadi karena posisi pengamat di Bumi yang relatif selalu berubah atau akibat bintang tersebut yang mati. 


Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/10/22/56/1521901/keajaiban-bintang-dan-penjelasannya-di-alquran


Terimakasih telah berkunjung di Blog saya, semoga anda menemukan apa yang anda cari dan merasa lebih baik setelah membaca artikel pada blog ini dan silahkan pembaca bertanya atau memberi saran. Salam Ngasal Blog®.

Artikel Terkait

Previous
« Prev Post

Silahkan Berkomentar Sesuai Artikel EmoticonEmoticon